Mempertahankan Motivasi Untuk Ngeblog

Untuk sukses dalam ngeblog, motivasi menjadi salah satu faktor penentu yang amat sangat penting. Apa jadinya jika kehilangan motivasi ngeblog? Tentu akan menjadi masalah besar dan akan terancam gagal besar. Untuk tetap mempertahanakan motivasi itu dan kembali fokus pada usaha ngeblog butuh beberapa hal yang dapat kita lakukan.

Jaga Motivasi
Sumber Gambar: http://intisari-online.com/
Motivasi serta fokus kita ngeblog dapat disebabkan beberapa hal seperti saat kita menulis online, beberapa faktor eksternal yang menjadi gangguan kita dan menyebabkan kehilangan konsentrasi dan fokus  seperti Email, panggilan Skype, pesan WhatsApp, panggilan telepon, dan sebagainya, gangguan ini benar-benar dapat menyita waktu produktif kamu secara online. Selain itu faktor internal juga dapat menggangu fokus kita dalam ngeblog seperti pikiran, dilema, kebingungan, kecemasan, ataupun kegalauan juga dapat menyebabkan kita kehilangan waktu terbaik untuk menulis secara produktif.

Blogging bisa disebut sebagai sebuah perjalanan tanpa akhir, kita bisa saja sukses sebagai hasil perjalanan tersebut, tetapi kesuksesan tersebut tak akan bisa dapat dicapai dalam semalam. Fokus dan dedikasi sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan nyata dalam blogging.

Beikut ini beberapa tips yang memungkinkan kamu memotivasi diri sendiri untuk tetap fokus ngeblog :

1. Singkirkan gangguan.

Gangguan eksternal seperti yang diuraikan dipengantar di atas perlu kita singkirkan terlebih dahulu sebelum kita ingin fokus menulis/blogging. Abaikan sementara, tak lama kok paling lama kamu menulis 15 menit - 30 menit.


2. Membaca Blog Orang Lain Untuk Mencari Inspirasi.

Salah satu cara mendapatkan inspirasi untuk menulis adalah dengan membaca, membaca posting blog lain dapat menjadi salah satu cara membangkitkan motivasi kita dalam ngeblog, ide-ide segar tentu akan ada di dalam kepala setelah membaca beberapa blog post orang lain, terutama blog yang menjadi panutan kita. Mungkin kadang-kadang sulit untuk memaksa diri untuk membaca, tetapi tak dapat disangkali juga bahwa penulis yang baik juga adalah seorang pembaca yang baik.

3. Mengukur Kesuksesan Blog Sendiri.

Setelah berlelah dalam upaya kita ngeblog, tentu kita ingin melihat hasil jerih payah kita, tentu hal ini tak ada larangan selagi hal ini dpat semakin memacu motivasi ngeblog kita. Mengukur keberhasilan tersebut kita dapat menggunakan alat-alat seperti Google Analytics, yang membantu melihat/mengukur apakah usaha blogging kita membuahkan hasil atau tidak. seperti jika terjadi lonjakan pada grafik, ketika kita kehilangan motivasi blogging, saya melihat kinerja blog saya di hasil pencarian dan lalu lintas, dan dengan melihat kinerja blog tersebut kita pun semakin termotivasi.


4. Istirahat Sejenak.

Setelah berjam-jam duduk dan berhadapan dengan dasbor blog kadang jenuh juga akan menyerang, berstirahat sejenak dapat mengusir kebosanan dan jenuh tersebut, seperti dengan meyeruput secangkir kopi hangat, ataupun sekedar berbincang sejenak sebelum melanjutkan aktivitas blogging.

5. Keluar....

jalan-jalan santai ataupun berlibur selama dua sampai tiga hari menikmati alam dapat membuat pikiran kembali segar ketika kita kembali berhadapan dengan perangkat komputer dan dasbor blog.

6. Membaca Kisah Sukses.

Banyak orang yang telah berhasil atau sukses dalam blogging, dengan membaca kisah-kisah mereka dapat semakin memacu motivasi blogging kita. Banyak dari mereka yang berbagi kisah sukses, berbagi mengenai pendapatan mereka. Dengan membaca kisah-kisah mereka akan menggoda kita untuk bisa menjadi sukses juga, dan akhirnya kitapun mulai kembali pada tujuan blogging kita.

7. Berkomunikasi dengan Blogger lain.

Blogging bukanlah pekerjaan tunggal, seperti sebelumnya pernah saya tulis di Bagaimana membuat ngeblog lebih mudah, berkomunikasi dengan blogger lain juga memberikan banyak keunggulan, seperti bisa berbagi strategi dengan blogger lain serta nisa saling mengikuti satu sama lain, berbagi pengalaman blogging lebih menyenangkan dan bisa memotivasi kita untuk tetap bersemangat ngeblog. Sebagai bonus, komunikasi banyak membantu dalam mendapatkan lalu lintas, peluang, serta backlink.

8. Jauhi Pencemooh.

"Ngapain kamu ngeblog? emang ada hasil?" demikian ucapan dari orang-orang yang negatif atau pencemooh, sebagian besar dari mereka bukanlah blogger ataupun tak pernah tahu apa itu blog ataupun orang yang ingin melihat kamu berhenti ngeblog. Jika semangatmu jatuh karena mendengar omongan-omongan negatif dari orang-orang yang ada di sekitarmu percayalah blogmu juga bakalan tumbang dengan sendirinya, oleh karena itu jauhi para pencemooh itu agar motivasi ngeblogmu terjaga.

Untuk memastikan bahwa kamu benar-benar tidak kehilangan fokus atau motivasi dalam ngeblog,  koreksi kembali diri kamu, tanyakan apakah kamu benar-benar masih ingin dan selalu ingin melakukan aktivitas bloggingmu sesuai jadwal?

Harapan dari masukan-masukan di atas adalah semoga kita semua tetap termotivasi untuk ngeblog. Pertanyaan akhirnya, membantukah masukan-masukan diatas? atau ada yang kurang atau perlu ditambahkan?


Top