Tips Agar Ngeblog Jadi Lebih Mudah

Blogging
Kadang-kadang kita selalu mengalami kesulitan jika akan ngeblog sesuai jadwal atau rencana kita sebelumnya, ini dikarenakan waktu kita yang terbatas seperti terkendala karena waktu kita untuk bekerja dan berbagai aktivitas lainnya, sehingga keinginan kita untuk tetap membuat postingan setiap hari di jam-jam tertentu pun jadi tak terlaksana.

Tetapi tak ada masalah yang tak memiliki solusi, mungkin berikut ada beberapa tips yang dapat kita gunakan mengatasinya, atau dengan kata lain membuat aktivitas ngeblog kita menjadi lebih gampang binti mudah.

1. Membuat Jadwal Khusus Untuk Melakukan Aktivitas Bloging.

Waktu kita memang terbatas, waktu 24 jam sehari sebenarnya telah padat dengan jadwal-jadwal yang sudah kita atur sebelumnya seperti untuk bekerja, untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga, teman-teman maupun rekan-rekan serta partner bisnis (ceileeeeh, bisnis). Akan tetapi jika kita sudah kadung menyukai blogging dan ingin menekuninya mau tidak mau kita harus menyisipkan waktu untuk melakukan aktivitas blogging kita diantara waktu-waktu tersebut. Aktivitas blogging juga harus kita utamakan layaknya pekerjaan atau layaknya waktu berkumpul bersama teman-teman. Jadwalkan waktu ngeblog secara teratur di mana kita dapat benar-benar fokus pada blog. Tidak perlu berlama-lama, mungkin 30 menit setiap jam makan siang seminggu dua kali atau kapanpun kamu memiliki waktu yang kosong yang bisa kamu pakai untuk blogging.

2. Mengetahui Apa Yang Akan Dilakukan Setelah Punya Waktu Blogging.

Setelah kamu punya jadwal, atau mengetahui waktu kapan saja yang bisa dipakai untuk blogging, kamu harus membuat rencana posting, atau menentukan tulisan apa yang akan kamu tulis pada saat ngeblog, jadi waktu yang cuma sedikit tersebut tidak terbuang sia-sia hanya untuk mencari ide mau menulis apa hari ini, yang ada waktu yang cuma sedikit itu terbuang sia-sia, tidak ada update terbaru di blog setelah waktu kamu berakhir.

3. Buat Sebuah Tantangan Untuk Diri Sendiri.

Blogging tak ubahnya sebuah tantangan, banyak blogger yang gagal karena gagal melewati berbagai tantangan didalamnya. Tantangan dalam ngeblog juga harus mampu dilewati agar kamu benar-benar memiliki sebuah blog yang memuaskan untuk diri sendiri. Tantangan tersebut bisa saja berbentuk kemalasan dalam diri sendiri, untuk mengatasinya buatlah tantangan untuk mengatasinya, seperti kamu harus bis posting seminggu dua kali.Tantangan inilah yang akan mendorong diri sendiri untuk menjadi sedikit lebih fokus dan berkomitmen untuk tetap ngeblog dan juga akan membuat kita lebih teratur dalam blogging, jadi pembacapun akan menanti-nantikan tulisan terbaru anda diwaktu-waktu tertentu, ya karena mereka sudah mengetahui kamu akan posting pada hari tersebut dan dijam tertentu.

4. Jangan Menjadi Blogger Tunggal.

Blogging tanpa percakapan sama saja seperti angin yang numpang lewat. Selain ngeblog dan melakukan aktivitas blogging, blogger juga seharusnya sesekali kongkow bareng sesama blogger lainnya, sebab rasa jenuh tak dapat dipungkiri akan selalu datang menghampiri. Berkumpul bersama blogger lainnya dapat jadi solusi, sebab disana selain kita dapat berbagi permasalahan blogging, kita juga bisa menemukan rahasia-rahasia khusus yang bisa saja blogger lainnya bagikan kepada kamu agar kamu semakin fokus dalam ngeblog, bercakap-cakaplah dengan sesama blogger dalam acara kopi darat mungkin, atau juga bertemu dengan para pembaca blog kamu untuk mendapatkan saran dan masukan, jangan lupa orang yang paling penting dalam blog kamu bukanlah kamu sebagai pemiliknya, akan tetapi para pembacalah yang paling penting.

Bisa saja kan hasil pertemuan kamu bersama blogger lainnya atau pertemuan kamu dengan pembaca dapat menginspirasi kamu untuk menulis selanjutnya dan menambah motivasi kamu untuk ngeblog.

5. Ngeblog Itu Bersenang-senang.

Banyak para bapak blogging atau pakar blogging membuat tips bahwa ngebloglah apa yang menjadi kesukaan kamu, atau passion-mu. Ngeblog sesuai kegemaran akan lebih memudahkan kita dalam melakukan aktivitas ngeblog sebab akan banyak ide dan inspirasi kita untuk mengisi blog, ngeblog itukan bersenang-senang, senang membagikan apa yang kita tahu, bukannya malah ribet memikirkan apa yang akan kita tulis jika bukan sesuatu hal yang kita senangi, betul tidak?

Nah, bagaimana? ngeblog itu emang sulit. Tapi bisa kita buat menjadi mudah kok, semua masalah akan selalu ada solusinya, percayalah.


Top