Tak Sekedar Berkomentar

Selamat jika kamu memberanikan diri untuk memulai sebuah blog, dan mulai menulis dan mengisi blog kamu dengan berbagai kisah dan karya tulismu disana.

Tak sekedar berkomentar

Sekarang kamupun sudah mempunyai pembaca yang datang ke blog kamu karena kamu juga telah berbagi di sosial media milikmu, seperti Facebook ataupun Twitter.

Kamupun sekarang telah memiliki hubungan denga para pembaca blog kamu, lihat apakah para pembaca itu meninggalkan jejak berupa komentar di postinganmu? Jika mereka berkomentar berarti postingan kamu menarik buat mereka, ada sebuah kepuasan tersendiri jika sebuah postingan ramai dengan komentar, betul kan? Apa jadinya traffic yang tinggi tapi tak ada komentar yang datang? HAMPA!!

Jika ingin dikomentari ada yang mengatakan berkomentarlah juga, tentu sebagai blogger kita juga sudah seharusnya mengomentari postingan/karya blogger lain. Sebab salah satu cara terbaik mendapatkan traffic selain berbagi melalui sosial media juga melalui cara blogwalking, atau jalan-jalan ke blog orang lain.

Lalu apakah berkomentar di blog orang lain hanya sekedar mengejar traffic semata? hooo..... tentu saja tidak, berkomentar sama saja menjalin silahturahmi, atau sebagai sarana berdiskusi dengan blogger lain, dan sebagainya. Bagaimana berkomentar di blog orang lain? ada aturannya juga.

Menulis komentar berkualitas

"nice gan!", "Artikelnya keren gan...", dan/atau sejenisnya adalah bentuk komentar yang hanya sekedar basa-basi, dan percayalah pemilik postinganpun tak akan merespon komentar kamu, dan bisa saja mereka menghapus komentarmu. Bukannya mendapatkan balasan kunjungan akan tetapi kamu bisa saja dianggap "Nyampah".

Kamu juga tentunya akan mengabaikan komentar yang demikian bukan? nah cobalah buat komentar yang berkualitas, komentar yang relevan dengan isi post, bagaimana membuat komentar yang relevan? baca terlebih dahulu sampai habis tulisannya baru akan tahu akan berkomentar apa.

Jangan licik

Postingan tentang tips merawat kecantikkan wajah, tetapi kamu berkomentar: "Ingin tampil cantik, saya punya rahasianya disini: LINK KAMU"

Jangan pernah mencoba untuk menjadi licik, dengan menulis komentar yang 'diam-diam' berusaha untuk menarik pembaca ke blog kamu, tapi serius tolong jangan. Orang-orang tidak bodoh dan akan melihat bahwa kamu sedang melakukan sesuatu yang murahan dengan menempatkan link dalam komentar kamu. Kamu ingin mereka untuk mengklik link tersebut, jangan harap.

Jangan menaruh nama situs/blogmu sebagai nama kamu

Bila kamu menggunakan nama website/blog kamu, bukan nama kamu sendiri, tampaknya sangat impersonal, dan menandakan kamu kurang percaya diri, kredibilitas nama kamu dikalahkan oleh blogmu, bukankah blog juga berfungsi mengangkat kredibilitas/kepercayaan terhadap pribadimu?. Jadi berkomentar menggunakan nama kamu sendiri, akan membuat hubungan antar blogger menjadi lebih baik dan akrab.

Gimana sobat? kamu ngeblog mengharapkan komentar dari pembaaca bukan? berkomentarlah juga di blog orang lain.


Top