Sebuah Blog Post yang Baik

Kita membaca secara online berbeda  daripada membaca melalui media cetak. Perbedaannya terletak dari bagaimana para pembaca menemukan tulisan kita, mungkin berikut ini bisa menjadi panduan untuk menulis posting blog sehingga pembaca mau bertahan tetap membaca postingan di blog kita.

Blog Post yang baik
Sumber Gambar: https://www.pinterest.com/pin/426927239648119041/

1. Buatlah posting anda dapat dipindai 

Pembaca online biasanya mencari sesuatu di internet, dan mereka biasanya akan melirik sebuah blog post yang tertata rapi dan terstruktur, mereka mencari dan kemudian meluncur ke sebuah postingan karena melihatnya menarik. Oleh karena itu ada baiknya post blog yang kita buat menggunakan paragraf yang pendek, tetapi cukup jelas menjelaskan maksud anda, buat judul post, tulis cetak tebal setiap sub judul, cetak miring untuk sesuatu yang kamu anggap penting dan istilah-istilah asing, akan tetapi terlalu banyak tulisan bercetak tebal dan miring juga akan mengganggu fokus pembaca anda.

2. Menulis secara "seri"

Seperti yang sudah kutuliskan sebelumnya, bahwa konten yang panjang akan membuat bosan para pembaca, oleh karena itu membuat tulisan menjadi beberapa seri juga akan membuat post blog kamu menjadi teratur. Berikan link untuk seri tulisan berikutnya dan sebelumnya agar memudahkan pembaca melanjutkan bacaannya.

3. Gunakan Cliffhangers/Beritahukan judul tulisan kamu selanjutnya.

Sebisa mungkin usahakan tulis judul tulisan kamu yang akan datang di setiap akhir tulisan, ini akan memancing pembaca kamu untuk ingin datang kembali mengunjungi blog kamu.


4. Mulai dengan baik.

Mulailah/bukalah postingan kamu dengan paragraf pertama yang kuat dengan menggunakan kata kunci yang ingin anda tembak/gunakan. (Banyak yang mengatakan ini baik untuk meningkatkan SEO blog).

5. Akhiri dengan baik pula.

Apa yang kamu inginkan dari pembaca blog kamu, sebaiknya  lakukan di akhir postingan kamu. Seperti ajakan untuk mendaftar di newsletter kamu, atau ajakan untuk membeli buku atau produk yang kamu tawarkan yang relevan dengan postingan, ataupun ajakan meninggalkan komentar. Bisa juga diisi dengan sebuah pertanyaan atau ajakan untuk membaca pos lainnya.

6. Buat internal Link

Internal link adalah berbagai link yang kamu taruh di teks tulisan kamu. Internal link ini berisi link ke posting atau halaman blog kamu yang lainnya.

7. Buat konten pilar

Konten pilar adalah beberapa posting yang tak lekang oleh waktu, atau berlaku kapanpun, saat dibaca sekarang ataupun sepuluh tahun lagi, konten tersebut masih relevan dan bisa dipakai, kamu bisa saja menaruh link konten pilar sebagai internal link di badan postingan kamu.

8. Promosikan konten Anda

Sempatkan diri untuk promosi dan berbagi konten kamu di media sosial setelah posting. Ini memang bukan bagian dari menulis konten, tetapi ini langkah agar blog post kamu bisa dilihat orang lain.

Mungkin bagaimana membuat Blog Post yang baik ini kurang lengkap, ada yang ingin menambahkan silahkan tambahkan, akan kubuatkan sebuah tulisan baru dari masukan-masukan dari kamu semua.


Top