10 Hal yang Membuat Blogmu Membosankan Bagi Pembaca

Ngeblog merupakan suatu usaha yang memerlukan upaya yang lebih agar dapat mendatangkan pembaca, selain mendatangkan pembaca juga pemilik blog akan selalu berusaha bagaimana membuat pembaca mau datang lagi dan lagi, atau berulang-ulang kali mengunjungi blog miliknya. Tentu akan sangat membahagiakan sekali memiliki banyak pelanggan setia yang selalu datang kapan saja mereka ingin. Nah Dalam rangka untuk menjaga pelanggan blog agar mau datang kembali blog haruslah menawarkan konten yang menarik atau kita akan menemukan bahwa blog kita amat membosankan bagi para pembaca. Berikut sepuluh hal yang harus kamu hindari jika kamu ingin membuat blog kamu tak ditinggalkan pembaca :

Blog yang membosankan

1. Konten Usang

Salah satu cara tercepat untuk kehilangan minat pembaca blog adalah untuk menulis tentang sesuatu yang telah usang, atau dengan kata lain basi. Para blogger profesional terkadang melakukan riset sebelum menelurkan tulisan baru. Konten usang yang kumaksud adalah konten yang sudah terlalu sering dibahas misalkan "Cara membuat blog". Selain membosankan dibaca oleh pembaca konten yang kamu tulis juga akan kalah bersaing dengan konten milik blogger lain di ranah mesin pencari.

2. Tulisan yang Buruk

Tata bahasa dan tulisan yang ditulis dengan buruk juga bisa mengakibatkan kebosanan bagi para pembaca, bagaimana tidak mereka membaca tapi tak memahami apa yang dibaca, walaupun tak sepenuhnya memenuhi aturan menulis yang baku akan tetapi tulislah sesuai dengan kemauan pembaca seperti mudah dicerna atau dimengerti oleh pembaca, sehingga semakin asik membaca apa yang kamu tulis.

3. Konten Menarik

Blogging tentang topik tertentu saja saat ini tidak cukup untuk mempertahankan pembaca setia blog kamu, pastikan bahwa judul dan isi artikel blog kamu relevan dan menarik untuk target pembaca blog kamu. Jangan malu untuk melirik blog milik orang lain yang sudah sukses dan belajar dari mereka bagaimana mereka menulis dan kamu juga dapat mengumpulkan ide-ide dari mereka untuk menjadi bahan tulisan kamu.

4. Tidak ada kontak

Satu hal yang sangat tak kalah penting adalah halaman kontak, atau info kontak kamu. Mencantumkan halaman kontak, atau info kontak adalah cara yang baik untuk membangun kepercayaan pembaca. Pembaca blog harus dapat mempercayai blog kamu sehingga mereka percaya apa yang mereka baca berasal dari sumber yang memiliki reputasi. Memberikan info kontak Anda, walaupun itu hanya sekedar nama dan alamat email, akan menunjukan bahwa blogmu memiliki kredibilitas.

5. Terlalu Banyak Iklan

Iklan menajdi salah satu sumber pemasukan terbesar bagi seorang blogger, sehingga banyak blog yang menampilkan begitu banyak iklan sampai-sampai menutup konten utama dari blog mereka, meskipun mungkin menarik untuk menguangkan blog dengan iklan-iklan, terlalu banyak iklan juga akan dapat mengusir pengunjung blog kamu. Jika kamu harus menempatkan iklan di blog pastikan iklanmu tak terlalu ramai sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung mengakses blogmu, letakkan iklan ditempat yang tak mengganggu.

6. Tidak Memiliki Tema Blog yang Spesifik.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan para blogger biasanya adalah menulis terlalu banyak topik. Walaupun blog gado-gado sekalipun, buat batasan agar rentang pembahasan dan isi/konten blog kamu memiliki sebuag topik/benang merah, selain memudahkan kamu, juga akan membantu memberikan pembacablog kamu jika ingin mencari topik tertentu, misalnya mereka ingin mencari tentang teknologi mereka akan ingat dan akan membuka blog kamu jika blogmu mrmiliki topik teknologi.

7. Tidak Adanya Tempat Untuk Meninggalkan Komentar

Blogging adalah salah satu media berinteraksi, bukan sebuah media yang kaku yang hanya berceramah tanpa peduli masukan dari para pembaca, jika blog tidak memberikan ruang untuk pembacauntuk bertanya tentang posting kamu atau bergabung dalam percakapan tentang topik yang kamu tulis maka yakinlah pembaca satu persatu juga akan pergi melupakan bahwa mereka pernah mengunjungi blog kamu.

8. SARA/Memihak/Pro Pada Satu Pihak

Menulis dengan nada negatif atau sarkasme juga dapat menyebabkan pembaca kehilangan minat membaca blog kamu. Untuk itu hindari membuat blog dengan tema SARA, atau dengan tema memihak sebab kamu membuat blog untuk dibaca orang ramai, ini bisa dikecualikan jika kamu memang ingin memiliki sebuah blog untuk mengajak pembaca untuk mengikuti memilih/pro kepada suatu pihak.

9. Blogger yang Sombong - Sebuah blog yang dikelola dengan baik akan bertindak sebagai forum terbuka dimana pembaca dapat mengomentari tulisan kamu dan kamu pun menanggapi komentar yang ditinggalkan oleh pembaca, ini juga akan membantu anda untuk membuat pembaca datang berulang-ulang karena mereka penasaran dengan jawaban/balasan dari kamu sebagai owner blog. Jika kamu tak merespon komentar pembaca yang relevan dengan isi postingan kamu sama saja kamu seperti orang yang sombong yang tak mau diajak berinteraksi.

10. Tulisan Yang Terlalu Panjang

Para ahli biasanya menyarankan untuk membuat posting blog antara 400-800 kata, tapi jangan takut untuk melewati batasan ini jika memang apa kamu tulis membutuhkan narasi yang sedikit lebih panjang jika kamu mampu membawa pembaca hanyut dalam tulisanmu.

Jika kamu sering memposting artikel panjang akan tetapi tak mampu membuat pembaca tertarik melanjutkan membaca posting yang panjang tersebut tentu saja akan sangat membosankan bagi pembaca. Jika memang memiliki topik yang membutuhkan penjelasan/tulisan yang sangat panjang, ada baiknya mengembangkannya menjadi sebuah serial artikel dengan 2 atau 3 postingan, justru cara ini akan membuat pembaca akan menanti-natikan serial dari tulisan kamu.

Bagaimana? ada blogger yang tak menginginkan pembaca datang berulang-ulang ke blog miliknya?


Top