Bagaimana Menulis di Blog Yang Baik ala "Pro Blogger"

Siapa yang tak kenal Darren Rowse? seorang blogger asal Australia dan pemilik situs ProBlogger.net yang tentu sudah tidak asing lagi bagi para blogger mania sejagad maya. Darren Rowse adalah salah satu tokoh "make money from blogging" yang sudah cukup punya nama dan sukses, ia juga dikenal dengan bukunya, "ProBlogger: Secrets for Blogging Your Way to a Six-Figure Income".

How To Make a Great Post
How to Make a Great Post (Image by: problogger.net)
Menurut Darren Rowse, blogger yang sukses harus selalu menjaga konsistensi serta kualitas blog yang ia miliki dengan selalu menulis konten yang menarik dan baik tentunya dari waktu ke waktu.

Setiap blogger memang memiliki gaya mereka sendiri-sendiri dalam menulis ataupun dalam aktivitas bloggingnya, namun tentunya ada beberapa prinsip dasar menulis konten blog yang baik yang selalu jadi patokan blogger dalam menulis konten mereka.

Berikut adalah beberapa tips menulis konten blog yang baik menurut Pro Blogger:

1. Memilih Topik
Luangkanlah sedikit waktu ekstra untuk menentukan topik Anda, dan tulisan yang akan anda buat pun menjadi lebih baik karena memiliki tujuan/topik yang sangat jelas.

2. Tulislah Judul Post Anda Semenarik Mungkin
Mungkin ini adalah bagian dari menulis postingan yang paling penting, sebab judul yang menarik akan menarik minat pembaca untuk mulai membuka dan membaca postingan Anda ketika mereka membaca judul postingan anda yang menarik.

3. Paragraf Pembuka
kesan pertama sangat penting. sebab kesan pertama yang menarik akan membawa pembaca hanyut dalam tulisan anda. Setelah Anda membuat judul posting yang menarik, buatlah kalimat pembuka Anda juga menarik agar pembaca lebih hanyut dalam posting Anda.

4. Isi Tulisan Sesuai dengan Judul
Apalah arti sebuah judul yang menarik jika isi tulisan anda menyimpang dari judul, seperti contoh judul anda "Cara mendapatkan pengunjung yang banyak" tetapi anda menulis tentang "bagaimana perilaku para pengunjung blog", kurang nyambung.

5. Kemudikan Pembaca
Bawalah pembaca untuk semakin hanyut dalam membaca tulisan dengan cara menulis seperti berinteraksi, seperti ajukan pertanyaan dan jawab pertanyaan anda tersebut di dalam tulisan anda.

6. Menambahkan Kedalaman 
Sebelum sebuah posting diterbitkan, buatlah pertanyaan untuk diri sendiri, apakah postingan anda berguna dan mengesankan bagi pembaca?

7. Kendali Mutu dan Poles
Kesalahan kecil dapat menghambat sebuah pos memiliki sebuah kualitas, luangkan waktu membaca kembali tulisan anda, apakah ada yang kurag atau perlu ditambahkan atau ada yang salah tulis atau salah ketik?

8. Waktu Penerbitan 
Waktu bisa menentukan jumlah pembaca, waktu mempublikasikan tulisan yang tepat dapat menarik pembaca lebih banyak, publikasikan tulisan di jam-jam orang ramai membuka internet, jangan mempublikasikan tulisan anda di saat orang ramai tidur.

9. Promosikan Tulisan
Penting sekali mempromosikan tulisan anda, semisal melalui sosial media atau melalui forum dan lain sebagainya, bagaimana orang tau jika anda punya tulisan terbaru jika tidak dipromosikan?

10. Jalin Interaksi
Jika ada yang membaca dan berkomentar, balaslah! jangan malas berinteraksi dengan pengunjung. Tanpa pengunjung blog kita bukanlah apa-apa.

Demikianlah tips menulis di Blog yang Baik ala Pro Blogger, jadi ini bukanlah tips dari saya yang pemula ini, saya rasa tips dari seseorang yang terkenal di dunia blogging dapat jadi panduan bagi saya yang baru ingin menjadi seorang blogger yang baik ini, semoga bermanfaat juga untuk anda. Salam


Top