Jejaring Sosial Sebagai Sarana Pemasaran
Apa itu jejaring sosial? Tentunya kita semua terutama yang pernah mengakses internet sudah barang tentu mengenal situs-situs seperti Facebook ataupun Twitter yang merupakan dua raksasa jejaring sosial di dunia ini. Bukan hanya dua situs itu saja yang dapat dikategorikan sebagai jejaring sosial, masih banyak bertebaran situs-situs jejaring sosial lainnya di dunia ini, bahkan ada situs jejaring sosial yang bersifat lokal, seperti situs jejaring sosial yang diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswa di kampus tertentu saja, atau jejaring sosial di suatu komunitas.
Ternyata jejaring sosial ataupun sosial media sangat mungkin menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Masyarakat Indonesia saat ini adalah salah satu konsumen sosial media terbesar di dunia, masyarakat Indonesia adalah pemakai sekaligus mendapatkan informasi dari sosial media. Hal ini dapat dilihat dari laporan "We Are Social Singapore" dalam laporannya “Social, Digital dan Mobile di Indonesia December 2011 dibawah ini.
Ternyata jejaring sosial ataupun sosial media sangat mungkin menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Masyarakat Indonesia saat ini adalah salah satu konsumen sosial media terbesar di dunia, masyarakat Indonesia adalah pemakai sekaligus mendapatkan informasi dari sosial media. Hal ini dapat dilihat dari laporan "We Are Social Singapore" dalam laporannya “Social, Digital dan Mobile di Indonesia December 2011 dibawah ini.
Melihat kenyataan tersebut bukan tidak mungkin dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha kecil maupun menegah untuk melakukan promosi usaha dan produk yang mereka miliki. Sebab brand-brand besar juga banyak yang menggunakan strategi ini. Salah satunya menggunakan Fasilitas Halaman yang disediakan oleh sosial media terbesar saat ini, yakni Facebook. Masih menurut We Are Social Singapore data berikut adalah beberapa brand yang sukses mendapatkan penggemar di situs jejaring sosial tersebut.
Era jejaring sosial kini semestinya dapat kita manfaatkan dengan baik dan menjadikan jejaring sosial sebagai sebuah media yang ampuh dalam merancang strategi bisnis dan memasarkan brand ataupun produk usaha skala kecil dan menengah yang kita miliki.
Masyarakat kita saat ini dari berbagai kalangan telah menjadikan jejaring sosial menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang tak dapat dipisahkan, tiada hari tanpa membuka Facebook, Twitter, ataupun sosial media lainnya, Sosial media secara taklangsung telah mengubah gaya hidup masyarakat dunia tak terkecuali kita di Indonesia.
Saat ini, jejaring sosial tidak hanya dijadikan sebagai media menjalin hubungan pertemanan, melainkan juga sebagai media promosi usaha yang murah meriah dan ampuh. Banyak pemilik brand besar, memanfaatkan jejaring sosial sebagai media promosi bisnisnya. Seperti berbagai brand yang ada di atas.
Sosial Media mempunyai kelebihan ataupun kekuatan tersendiri dibandingkan sarana promosi lainnya seperti iklan di media cetak dan elektronik, yakni dapat menjangkau seluruh dunia yang dapat mengakses internet, dan amat sangat memungkinkan untuk pemilik brand atau yang memiliki usaha berkomunikasi langsung dengan para pelanggannya dimanapun dan kapanpun, pemilik usaha juga dapat menerima masukan-masukan dari pelanggan agar dapat memperbaiki kualitas layanan maupun peningkatan kualitas produk yang mereka pasarkan melalui sosial media tersebut.
Dengan semakin meningkatnya trend dan menjamurnya penggunaan sosial media serta semakin banyaknya pengguna yang dapat mengakses internet di negeri ini maka semakin terbuka pula peluang masyarakat pengelola usaha ekonomi kreatif maupun industri kecil menegah meraup pasar melalui berbagai situs jejaring sosial, dengan demikian dapat juga memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Mari kita manfaatkan sarana yang dimungkinkan untuk digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan, baik muda atau tua, kalangan profesional maupun masyarakat awam ini untuk sesuatu yang berguna dan menguntungkan dalam membangun sebuah brand dan meningkatkan popularitas produk yang kita miliki, tentunya juga dengan selalu memperhatikan kualitas brand kita agar tidak mengecewakan pelanggan atau pengguna jasa kita dengan memberi ruang bagi mereka untuk memberikan masukan-masukan atau kritik dan saran bagi semakin berkualitasnya produk atau jasa yang kita pasarkan kepada mereka melalui berbagai jejaring sosial yang ada.
Sosial Media dengan kekuatannya mampu menjadi alat yang ampuh dalam berbagai hal, selain sebagai promosi daan pemasaran sosial media juga dapat menjadi sarana pencitraan diri, hal ini banyaak dilakukan oleh tokoh-tokoh dalam dunia politik dalam meraih simpati masyarakat. Sedemikian dahsyatnya kekuatan sosial media revolusi beberapa negara di dunia juga dimulai dan dimotori oleh pergerakan dan penyebarannya melalui social media.
Sosial Media dengan kekuatannya mampu menjadi alat yang ampuh dalam berbagai hal, selain sebagai promosi daan pemasaran sosial media juga dapat menjadi sarana pencitraan diri, hal ini banyaak dilakukan oleh tokoh-tokoh dalam dunia politik dalam meraih simpati masyarakat. Sedemikian dahsyatnya kekuatan sosial media revolusi beberapa negara di dunia juga dimulai dan dimotori oleh pergerakan dan penyebarannya melalui social media.
Tweet
